Sejarah SMA


Info Sejarah SMA Visi Dan Misi NIS Kegiatan Foto Semua Tentang SMA

SELAYANG PANDANG

BERDIRINYA SMA YP-17 KOTA SERANG

        Setelah bangsa Indonesia berhasil mencapai kemerdekaannya melalui perjuangan patriotic para pemudanya termasuk para pemuda pelajar yang tergabung dalam pasukan tentara brigade 17, masih harus berjuang terus guna mengisi kemerdekaan dengan pembangunan disegala bidang.

       Para eksponen pelajar-pejuang / tentara-pejuang ex brigade 17 didorong oleh rasa kesadaran dan tanggung jawab untuk nasib bangsanya sejak tahun 1956 telah bertekad untuk tetap bersatu guna ikut serta dalam perjuangan pembangunan nasional sebagai kelanjutan perjuangan kemerdekaan. Kemudian bersama-sama berketetapan hati guna melakukan pengabdian pada dunia pendidikan dalam rangka pembentukan watak dan kepribadian bangsa, dibawah satu panji lembaga pendidikan yang dinamakan YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS dan SMA YP-17 SERANG berada dibawah naungannya.

       YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS menurut namanya berpegang pada angka 17 yang bermakna bahwa “YP-17” akan selalu konsekuen dan mengembangkan terus tradisi spirit serta semangat patriotisme warga pelajar pejuang/tentara pelajar ex brigade 17 dalam segala kegiatan pembangunan yang diselenggarakan pemerintah dengan ikut serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan.

SMA YP-17 Serang didirikan oleh Bapak H.T. Harjasaputra (alm) dan rekan-rekan tanggal 29 Desember 1983 sesuai dengan SK pendirian sekolah dari Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Barat Nomor : 2301/I02.4/R83 tanggal 29 Desember 1983. Beliau adalah eksponen pelajar-pejuang / tentara-pelajar ex brigade 17, setelah merdeka dan tugas ketentaraannya selesai, kemudian menetapkan tekad untuk mengabdikan diri pada negara dan bangsa melalui bidang pendidikan dan pengajaran berdasarkan pancasila dan UUD 1945 (turut mencerdaskan kehidupan bangsa)  serta berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan yang dijiwai nilai-nilai proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan semangat patriotisme perjuangan pelajar-pejuang / tentara-pelajar ex brigade 17.

       Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Yayasan Pendidikan Tujuh Belas didasarkan pada Sistem Pendidikan Nasional dan Pancasila dengan TRIDHARMA UPAYA serta TRISAMEKTA menuju terwujudnya anak didik yang memiliki watak dan kepribadian, berilmu dan terampil.

       Maksud didirikannya SMA YP-17 SERANG diantaranya sebagai perwujudan monumen hidup pelajar-pejuang / tentara-pejuang ex brigade tujuh belas, yaitu suatu monumen yang berkehidupan, berfungsi secara nyata dan dinamik untuk melestarikan nilai-nilai kepahlawanan serta jiwa patriotisme bagi perjuangan dan pengabdian kemasyarakatan. Seiring dengan perkembangan jaman dan Pemerintahan Otonomi Daerah, maka YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS berubah nama menjadi YAYASAN PENDIDIKAN TUJUH BELAS PUTERA berdasarkan akte notaris Ny. Tjahjati Indra Moksen, SH. Nomor 5 tanggal 21 Juli 1999 sekaligus menjadi naungan lembaga pendidikan SMA YP-17 SERANG.

       SMA YP-17 SERANG sebagai salah satu sekolah swasta di Serang statusnya sama dengan sekolah negeri melalui akreditasi dari pemerintah tahun 1990 dengan Surat Keputusan Nomor : 009/C/Kep/1990 sampai sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s