Belanja dan Masak Picu Sakit Jantung?

VIVAnews – Tahukah Anda bahwa penyakit jantung dan stroke–yang dipengaruhi faktor tekanan darah–ternyata juga dapat disebabkan oleh tingginya aktivitas pekerjaan rumah tangga? Para peneliti dari Pusat Klinis Kota Pittsburgh, Amerika Serikat, telah meneliti hal ini.

Sebagaimana dikutip dari Genius Beauty, penelitian itu dilakukan dengan menguji 113 pria dan wanita. Mereka disuruh bekerja penuh waktu. Masing-masing relawan juga diminta menggambarkan apa saja pekerjaan yang mereka lakukan secara terperinci. Selain itu, mereka juga diminta memberikan informasi soal jenis pekerjaan yang mereka kerjakan.

Setelah melakukan pekerjaan rumah tangga, para relawan diwawancarai. Mereka juga diminta secara rutin mengukur tekanan darah selama 21 hari. Habis itu, para relawan diharuskan memakai alat khusus di pergelangan tangan untuk mengetahui tekanan darah selama beberapa waktu.

Dari penelitian ini terungkap bahwa pekerjaan rumah tangga paling berisiko adalah bersih-bersih dan memasak. Dan yang mengejutkan, berbelanja pun bisa memicu hipertensi. Menurut penelitian, hampir semua tugas-tugas itu meningkatkan tekanan darah.

Jika dibandingkan dengan pekerjaan berbenah rumah; memasak dan belanja ternyata pekerjaan yang dinilai lebih merepotkan. Merawat dan mendidik anak justru tidak berisiko meningkatkan indeks tekanan darah.

Merawat dan memelihara binatang peliharaan ternyata juga dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi wanita. Namun bagi pria, pekerjaan ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan tekanan darah. (kd)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s