PKS Akrab dengan AS

VIVAnews – Partai Keadilan Sejahtera semakin membuka diri, termasuk intens berinteraksi dengan Amerika Serikat melalui kedutaan atau konsulatnya. Beberapa hari lalu, PKS Jawa Timur bertemu dengan Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya.

“Sebenarnya dulu kan gini, sering ada salah paham sebagian kalangan di PKS misalnya itu punya stereotyping tentang Amerika seperti apa,” kata Zulkieflimansyah, salah satu pengurus di DPP PKS, menjelaskan itu. “Oleh karena itu salah satu program yang bagus memang menjembatani kesalahpahaman ini,” katanya kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 19 April 2011 malam.

Dulu, kata Zul, Amerika seakan-akan identik dengan George Bush (Presiden sebelum Barack Obama) yang punya kebijakan yang represif. Padahal bagi orang yang sering ke Amerika, memahami dinamika, orang Amerika kan tidak semua seperti George Bush.

“Sebenarnya kan daripada demo besar-besaran mengutuk yang tidak seperti realitasnya, mendingan lihat ke sana sendiri kan,” kata Zul.

“Nah, bagitu juga dengan Amerika. Mereka mungkin punya stereotyping terhadap PKS yang mungkin PKS dinilai tidak akrab dengan pluralitas, punya keinginan mendirikan negara Islam, antidemokrasi dan lain sebagainya,” kata Zul. “Mungkin ada yang begitu tapi mayoritas kan tidak begitu. Jadi, program-program yang dimulai beberapa tahun yang lalu ini mudah-mudahan bisa membangun jembatan pengertian sehingga tidak ada lagi kesalahpahaman.”

Zul sendiri termasuk yang aktif menjembatani hubungan PKS dengan Amerika Serikat. Dia mengakui, awalnya ada resistensi baik dari dalam PKS mau pun Amerika sendiri. “Tapi lama-lama semakin terbuka, saling memahami, ya bagus menurut saya. Setelah berhadapan dengan realitas masyarakat, radikalisme itu tidak bisa menyelesaikan masalah, justru tidak mendapat tempat,” katanya.

Namun Zul tak memungkiri, resistensi masih ada. “Tentu PKS bukan komunitas yang homogen. Cara memandang pergaulan itu setiap orang tergantung pengalaman, latar belakang pendidikan  juga dengan siapa berinteraksi. Dan saya kira banyak kader PKS hadir di ranah publik dan berinteraksi dengan banyak kalangan,” katanya. “Kami kan realistis, teman-teman kan di DPR, DPRD, ada yang jadi gubernur, bupati, walikota, masak mau tertutup hidup dalam kepompong, kan nggak gitu.” (sj)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s