Pabrik Komatsu Jepang Kembali Berproduksi

VIVAnews – Sebulan setelah musibah gempa dan tsunami, pabrik Komatsu di Jepang berupaya untuk melanjutkan produksi dan kembali beroperasi normal.

Bahkan, pabrik utama Komatsu saat ini sudah kembali berproduksi dalam waktu kurang dari sebulan. Selain itu, rekonstruksi fasilitas pelabuhan yang rusak seperti di Hitachi-Naka, dekat pabrik Ibaraki juga telah selesai.

“Kapal pertama diharapkan dapat berlabuh di pelabuhan Hitachi-Naka sekitar 20 April 2011,” kata manajemen PT United Tractors Tbk dalam keterangan tertulis di Jakarta, akhir pekan ini. Komatsu adalah perusahaan pemasok alat-alat berat ke pasar Indonesia melalui United Tractors.

Untuk itu, laju produksi produk alat berat kelas menengah seperti dump truck berukuran 100 ton (HD785) dan dump truck (HM400) akan ditingkatkan secara bertahap.

Manajemen United Tractors mengatakan, pabrik Komatsu di Oyama juga telah melanjutkan operasi dan diharapkan dapat mengejar keterlambatan produksi pada akhir Mei 2011. Sementara itu, masalah kekurangan pasokan bahan bakar di pabrik Koriyama telah diselesaikan dan diharapkan dapat mengejar ketertinggalan produksi yang tertunda pada akhir Mei.

Selain itu, PT Komatsu Indonesia dan Komatsu India sudah meningkatkan kapasitas produksi mereka untuk beberapa model. Sebagai tambahan produksi, Komatsu Thailand saat ini sedang mengecek ulang kapasitas produksi untuk jangka menengah. Terutama terkait dengan ketersediaan komponen dari Jepang.

Sebelumnya, United Tractors menjamin pasokan alat berat merek Komatsu selama 2-3 bulan mendatang masih mencukupi.

“Prinsipal masih berkomitmen untuk memenuhi pasokan alat berat sesuai rencana tahun ini,” kata Direktur United Tractors, Edhie Sarwono, kepada VIVAnews.com, belum lama ini.

Menurut Edhie, bencana gempa dan tsunami memang berpengaruh pada pengiriman alat berat ke Indonesia, terutama untuk jenis tertentu yang diproduksi di Jepang. “Tapi, pabrik Komatsu kan tidak hanya di Jepang, ada juga di Jerman, Thailand, dan Amerika,” tuturnya.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s