Kepala Polisi di Afganistan Tewas Dibom

VIVAnews – Teror atas polisi di Afganistan hari ini kembali terjadi. Seorang kepala polisi di provinsi Kandahar tewas setelah markasnya disambangi pengembom bunuh diri, Jumat siang waktu setempat.

Menurut Kementrian Dalam Negeri Afganistan, seperti dikutip stasiun berita CNN, kepala polisi Kandahar bernama Khan Mohammad Mujahed dan dua anak buahnya tewas. Milisi Taliban mengaku bertanggungjawab atas pengeboman di Kandahar, nama provinsi dan kota terbesar kedua di Afganistan. Taliban menilai insiden itu sebagai “serangan jihad.”

Juru bicara Kementrian Dalam Negeri, Zamarai Bashari – seperti dikutip harian The Los Angeles Times – mengungkapkan seorang pengebom berhasil menyusup ke markas polisi Kandahar. Dia lantas meledakkan diri di dekat kepala polisi dan sejumlah anak buahnya.

Kandahar merupakan basis dan asal mula milisi Taliban, yang mensponsori jaringan teroris al-Qaida. Wilayah itu merupakan salah satu medan tempur antara Taliban dengan pasukan internasional pimpinan NATO dan Amerika Serikat. 

Serangan itu terjadi sehari setelah empat pengebom bunuh diri beraksi di suatu kantor polisi di Provinsi Paktia. Insiden itu menewaskan tiga polisi dan melukai dua lainnya. Taliban juga mengklaim insiden itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, polisi Afganistan selalu menjadi target Taliban, baik itu penyerangan maupun penculikan. Mereka rata-rata direkrut dan dilatih pasukan NATO dan Amerika Serikat.  

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s