Juru Kunci Merapi Tetap Kerja di Perpustakaan

VIVAnews – Tugas berat saat ini berada di pundak Asih atau Mas Lurah Suraksosihono. Ia harus menggantikan tugas ayahnya, Mbah Maridjan. Menjadi juru kunci Gunung Merapi.

Meski tak mudah menjadi kuncen, Asih tetap setia pada pekerjaannya sebagai staf perpustakaan Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Tanda kesetiaan pada pekerjaannya itu ia sampaikan secara tertulis pada Rektor UII Yogyakarta, Edy Suwandi Hamid. Kepada pimpinan UII, ia juga secara resmi memberi tahu soal penunjukannya sebagai juru kunci.

“Meski saya saat ini menjadi juru kunci Merapi, namun saya tetap bekerja di UII Yogyakarta,” kata Asih usai bertemu dengan Rektor UII Edi Suwandi Hamid, Jumat, 8 April 2011.

Kata dia, tugasnya sebagai juru kunci tidak akan mengganggu pekerjaan sebagai karyawan perpustakaan. Sebab,  acara-acara budaya keraton atau labuhan Merapi diadakan hanya satu kali dalam setahun.
“Ada labuhan ageng dan labuhan alit. Labuhan ageng diadakan setiap 8 tahun di tahun Dal,” paparnya.

Pria 44 tahun itu menyatakan sangat menghormati pekerjaan yang  digeluti di UII selama 12 tahun itu. “Saya memang harus minta izin kepada kantor jika harus menjalankan tugas sebagai juru kunci Merapi seperti saat acara labuhan,” ujarnya.

Rektor UII mengatakan, pihaknya tak mempermasalahkan status baru Asih. “Kalau ada acara sebagai juru kunci dan harus meninggalkan tugas sebagai staf perpustakaan tentunya kami akan mengizinkan. Toh acara sebagai juru kunci Merapi tidak dilakukan setiap hari,”ujarnya.

Berbeda dengan ayahnya, Asih menolak dipanggil ‘Mbah’ — julukan yang identik dengan penjaga gunung. “Cukup Asih.” Alasannya, ia masih muda.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s