Komputer Tercepat di Dunia

Semua negara canggih berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar sebagai negara yang memiliki “komputer tercepat di dunia”. Setelah china dengan Tianhe-1A nya yang mendapatkan gelar komputer tercepat di dunia, akhirnya komputer tercepat di dunia kembali ke direbut Amerika Serikat. Sebuah super komputer buatan Departemen Energi AS resmi terpilih menjadi komputer tercepat di dunia. seperti yang beritakan VIVAnews dan yang dipaparkan peneliti asal PhysOrg.com.

Komputer ini bernama “Titan”. Kemampuannya diperkirakan memiliki kecepatan 20.000 triliun perhitungan (kalkulasi) per detik, setara 20 petaflops per detik (China 2.5 per detik).

Titan, yang dikembangkan oleh Cray Computer, untuk pertama kalinya menjadi bagian dari jajaran komputer tercepat di dunia yang ada di fasilitas Oak Ridge National Laboratory, Tennessee.

Di fasilitas tersebut, laboratorium jajaran komputer tercepat di dunia akan disejajarkan dengan lab National Geographic, Gaea Atmospheric Administration, Kraken National Science Foundation, dan lab pengembangan Departemen Energi AS, Jaguar.

Untuk selanjutnya, kemungkinan Titan akan digunakan oleh Departemen Energi setempat untuk mengkalkulasi sistem energi kompleks dan memakan biaya pemerintah sebesar US$100 juta atau setara dengan Rp 870 miliar.

This entry was posted in Berita, Misteri, Aneh, Nyata, Pengetahuan Lainya, Tips Dan Triks Komputer. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s