Earth Hour di Makassar Meriah

VIVAnews – Ratusan pengunjung mall GTC Tanjung Bunga Makassar larut dalam lagu Heal The World dengan musik akustik, Sabtu, 26 Maret 2011. Lagu tersebut dinyanyikan secara serentak di area Grand Mall GTC Makassar, sebagai bentuk dukungan terhadap Earth Hour Campaign 2011.

Sambil menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh Michael Jackson ini, setiap pengunjung mall GTC diberi lilin dan membakar lilin tersebut pada saat pemadaman lampu dilakukan, tepat pada pukul 20:30 Wita.

Selama satu jam sejumlah kegiatan juga dilakukan sebagai bagian kampanye untuk bumi tersebut. Seperti melakukan aksi teaterikal yang bertemakan dengan alam. Bahkan seluruh peserta menggunakan baju hijau sebagai simbol “go green” atau hijau untuk bumi.

Juru bicara kegiatan, A.Widya Syadzwina, mengatakan bahwa pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan tersebut adalah Sayangi Bumi Tercinta Untuk Kelangsungan Hidup Bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mendukung penuh kampanye yang awalnya diprakarsai oleh WWF.

“Bumi semakin tua dan perlu perhatian lebih untuk melestarikan bumi ini. Tidak ada salahnya, satu kali dalam satu tahun kita mematikan lampu satu jam untuk alam,” kata A.Widya Syadzwina yang juga Marketing & Communication Manager Mall GTC Makassar.

Selain di Mall GTC, pemadaman lampu juga dilakukan disejumlah titik. Seperti di kantor pemerintah Kota Makassar dan seluruh kantor mulai dari camat hingga kantor kelurahan. Hal itu menindaklanjuti surat edaran sejak dua hari lalu, yakni menghimbau kepada seluruh pimpinan unit kerja, dari dinas, camat hingga lurah, untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik selam satu jam.

“Ini adalah upaya untuk membantu mengurangi produksi karbon dioksida akibat penggunaan listrik dan efesiensi energi listrik dalam upaya penanggulangan perubahan iklim serta ramah lingkungan,” kata Kepala Bagian Humas kota Makassar, Mukhtar Tahir di Makassar, beberapa saat lalu.

“Dengan Earth Hour ini, seluruh lampu-lampu yang biasa terang benderang di kantor balai kota dipadamkan,” tutupnya.

Informasi yang dihimpun, Earth Hour 2011 bertepatan pada tanggal 26 Maret 2011 pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat). Kegiatan ini berawal dari kampanye kolaborasi antara WWF-Australia, Fairfax Media, dan Leo Burnett untuk kota Sydney, Australia, dengan tujuan mengurangi gas rumah kaca di kota tersebut sebanyak 5 persen pada tahun 2007.

Keberhasilan kampanye ini diharapkan dapat diadopsi oleh masyarakat, komunitas, bisnis, serta pemerintah lain di seluruh dunia sehingga seluruh warga dunia dapat menunjukkan bahwa sebuah aksi individu yang sederhana sekalipun bila dilakukan secara massal akan membuat kehidupan di Bumi menjadi lebih baik.

Tujuan utama kampanye tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi, dan berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s