Pasukan Suriah Serbu Masjid, Enam Tewas

VIVAnews – Tentara Suriah membunuh sedikitnya enam orang dalam serangan di kompleks masjid Omari di Kota Daraa, Rabu 23 Maret 2011. Lokasi itu selama enam hari menjadi basis gerakan anti pemerintah, yang dikuasai Partai Baath.

Menurut harian Haaretz, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, diantara mereka yang tewas adalah Ali Ghassab al-Mahamid. Dia adalah seorang dokter terkemuka setempat yang justru datang ke masjid untuk membantu korban serangan.

Presiden Bashar Assad maupun pejabat Suriah belum memberi keterangan atas serangan itu. Belum juga ada informasi apakah para pemrotes juga bersenjata.

Menurut stasiun berita Al Jazeera, serangan berlangsung pada Rabu dini hari. Seorang saksi mengungkapkan bahwa saat serangan terjadi, aliran listrik putus dan tak lama kemudian muncul kepulan asap, yang tampaknya adalah gas air mata.

Masjid Omari sejak Jumat pekan lalu menjadi lokasi unjuk rasa anti pemerintah. Para pemrotes menyerukan reformasi politik dan mendesak pemerintah memerangi korupsi. Mereka sebelumnya sudah bertekad akan tetap bertahan di masjid hingga tuntutan terpenuhi. 

Suriah berada dalam keadaan darurat sejak Partai Baath berkuasa pada 1963. Rezim itu melarang kelompok oposisi dan membatasi kebebasan ekonomi. Presiden Assad sudah mencabut sejumlah pembatasan bagi sektor swasta, namun dia belum memenuhi tuntutan untuk mengakhiri pemberlakukan undang-undang keadaan darurat.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s