BlackBerry PlayBook Dukung Aplikasi Android

VIVAnews – Ini kabar baik bagi para penggemar BlackBery yang telah sabar menanti kehadiran komputer tablet besutan Research In Motion (RIM). PlayBook akan mendukung aplikasi Android dan Java.

Dengan demikian, nantinya para pengguna BlackBery PlayBook akan dapat menjalankan berbagai aplikasi Android dan Java, di tablet yang rencananya bakal diluncurkan di Amerika Serikat dan Kanada pada 19 April 2011 mendatang, itu.

“Penambahan BlackBerry Java dan Android apps untuk BlackBerry PlayBook di BlackBerry App World akan menyediakan lebih banyak pilihan aplikasi kepada para pengguna dan menunjukkan kemampuannya di banyak platform,” kata President dan Co-CEO RIM, Mike Lazaridis, dalam siaran pers resminya kepada VIVAnews

Tapi, pengguna tidak akan bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi Android yang ada di Android Market, melainkan hanya dapat mengunduh dan menjalankan aplikasi Android yang telah diunggah ke BlackBerry App World.

Setidaknya, kemudahan yang paling besar dinikmati oleh para pengembang aplikasi, karena mereka yang telah membuat aplikasi BlackBerry Java atau Android, bisa dengan mudah mengunggah aplikasi mereka ke BlackBerry App World. 

Pengembang hanya perlu melakukan repackage dan mendaftarkan ulang BlackBerry Java atau aplikasi Android mereka ke BlackBerry App World. Setelah aplikasi itu disetujui, pengguna bisa langsung mengunduhnya di BlackBerry App World.

Sementara bagi para pengembang yang ingin mengembangkan aplikasinya khusus untuk PlayBook, RIM telah menyediakan Software Development Kit khusus bagi BlackBerry PlayBook yang akan mendukung bahasa C/C++, HTML5, Flash dan AIR. SDK ini rencananya akan tersedia dalam versi Beta, musim panas ini. 

Sementara untuk pengembang khusus game, RIM mengumumkan bahwa mereka telah mendapat dukungan dari dua pengembang tool game yakni Ideaworks Labs dan Unity Technologies, sehingga para developer bisa menggunakan mesin game lintas-platform untuk membuat game di BlackBerry PlayBook. 

Hingga kini, ada lebih dari 25 ribu aplikasi BlackBerry Java dan lebih dari 200 ribu aplikasi Android. BlackBerry PlayBook dan BlackBerry Tablet OS sendiri dibangun berbasis arsitektur mikrokernel QNX Neutrino.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.