Penyebab Rusaknya Komponen-Komponen pada Komputer

Pada dasarnya komputer merupakan alat teknologi yang paling lama kerusakanya. Akan tetapi komputer sendiri bisa menjadi alat teknologi yang paling riskan rusak. Mengapa demikian???, jelas karena ketidakrajinan/kecerobohan si pemilik atau sipengguna komputer.

Didalam CPU terdapat komponen-komponen yang rawan rusak apabila kita ceroboh/tidak rajin. Penyebab kerusakan itu sendiri akibat:

1. Suhu CPU yang terlalu panas.

Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya debu yang menempel pada komponen elektronika sehingga menahan panas yang dikeluarkan, anda pun bisa membaca artikel tips merawat motherboard yang efisien. Selain itu, panasnya CPU bisa disebabkan karena kurangnya CPU Cooler yang digunakan.

2. Arus listrik yang tidak stabil atau terlalu tinggi.

Arus listrik PLN memang merupakan arus listrik yang kurang stabil. Walau pun standart tegangannya 220 volt, namun sering terjadi naik turun di setiap saat. Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan Stabilizer.

3. Terjadi konsletting

Yaitu ketika suatu arus berlawanan bertemu dan menghasilkan sebuah percikan api. Ini biasanya terjadi pada CPU yang suka terbuka casingnya, hal ini memberikan peluang masuknya hewan-hewan kecil seperti kecoa atau benda logam lainnya masuk kedalam motherboard dan menyebabkan konsletting

4. Kurang pembersihan

Pembersihan itu sendiri mencakup debu-debu,virus dan software. Maksud dari pembersihan software ini yaitu membersihkan hardisk atau memory yg mengalami beban kerja yang akan membuat hardisk dan memory itu tidak tahan lama. Software pembersih beban kerja banyak sekali seperti CCleaner, Rambooster, Ramcleaner, Memboot Turbo, Tune Up Utilities, dll.

Saran: Lebih teliti dan rajinlah pada komputer anda, karena hal ini dapat menghemat uang anda. Seperti anda ketahui, komponen-komponen komputer itu tidak murah harganya. Dan yang pasti teliti dan rajinlah untuk hal umum lainya. Terima kasih dan sukses buat anda yang mau lebih baik dan sangat hebat. Salam oman789

This entry was posted in Tips Dan Triks Komputer. Bookmark the permalink.

2 Responses to Penyebab Rusaknya Komponen-Komponen pada Komputer

  1. ajhulazha says:

    Muantap bro………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s