Tentang “Jin” Part 1

Posting tentang Islam kali ini saya akan membahasa mengenai Jin. Untuk referensi nya,  saya ambil dari buku karangan Syaikh Wahid Abdus Salam.

Untuk posting tentang “Jin” part 1 ini saya akan menerangkan tentang aqidah Jin dan Apakah Jin Mu’min Akan Masuk Syurga?.

1. Aqidah Jin

     Jin, persis seperti manusia. Ada yang Muslim, Nasrani dan Yahudi. Bahkan dikalangan jin Muslmim, sebagaimana manusia Muslim, ada yang menganut aliran Qadariah, Syi’ah, Ahlu Sunnah, Ahli Bid’ah dan lain sebagainya. Ada juga yang ta’at, bermaksiat, taqwa dan pendosa.

Allah telah berfirman tentang mereka bahwa mereka berkata:

وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَلِكَ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَداً   

“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda”. (QS. Al Jinn: 11)

     Ibnu Abbas berkata:”kami menempuh jalan yang berbeda-beda”, yakni diantara kami ada Mu’min dan ada pula yang kafir.

     Ibnu Taimiah berkata: Yakni berbagai madzhab; Muslim, kafir, Ahlu sunnah dan Ahli bid’ah.

Apakah Jin Mu’min Akan Masuk Syurga?

     Para ulama salaf dan khalaf sepakat bahwa jin kafir akan masuk neraka, tetapi para ulama berselisih pendapat apakah jin Mu’min akan masuk syurga atau tidak?

     Al Hafizh berkata: ada empat pendapat:

     Pertama: Ya, pendapat ini merupakan pendapat mayoritas.

     Kedua: Mereka berada dihalaman syurga. Pendapat ini dinukil dari Malik dan sekelompok orang.

     Ketiga: Mereka adalah penghuni Al A’raf (tempat transit antara syurga dan neraka).

     Keempat: Tidak memberikan jawaban dalam masalah ini.

     Ibnu Katsir berkata: Yang benar bahwa jin Mu’min seperti juga manusia Mu’min akann masuk syurga, sebagaimana ditegaskan oleh madzhab jama’ah dari salaf. Sebagian mereka berdalil dengan firman Allah:

لَمْ يَطْمِثْهُنَّ إِنسٌ قَبْلَهُمْ وَلَا جَانٌّ   

“Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni syurga yang menjadi suami mereka), dan tidak pula oleh jin”. (QS, Ar Rahman: 74)

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ جَنَّتَانِ.فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ    

“Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga. Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”. (QS, Ar Rahman: 46-47)

     Allah telah mengaruniakan kepada manusiaa dan jin dengan menjadikan syurga sebagai balasan kebaikan mereka. Terhadap ayat ini, jin telah mengekspresikan rasa syukurnya dengan ucapan yang lebih tepat daripada ucapan manusia. Mereka (jin) mengatakan: “Kami tidak mendustakan ni’mat-ni’mat-Mu  sama sekali wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji”. Tentunya, Allah tidak akan mengaruniakan kepada mereka dengan suatu balasan yang tidak terjadi bagi mereka.

     Saya berkata: Ibnu Katsir merujuk kepada hadits yang diriwayatkan oleh Turmudzi:

     “Dari Jabir ra, ia berkata: Rasulullah saw membaca surat Ar Rahman hingga selesai kemudian bersabda: “Mengapakah aku melihat kamu diam. Sungguh jawaban jin lebih baik dari (jawaban) kalian. Setiap kali kubacakan kepada mereka ayat ini:”Maka ni’mat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”. Mereka selalu menjawab:”Kami tidak mendustakan ni’mat-ni’mat-Mu  sama sekali wahai Rabb kami, bagi-Mu segala puji”.

     Ibnu Taimiah berkata: Jin kafir disiksa di akhirat, sebagaimana kesepakatan para ulama. Sedangkan jin Mu’min, menurut jumhur ulama, dimasukan ke dalam syurga.

     Ia (Ibnu Taimiah) berkata: Telah diriwayatkan bahwa mereka akan berada di halaman syurga, manusia melihat mereka tetapii mereka tidak melihar manusia. Pendapat ini berasal dari Malik, Syafi’i, Ahmad, Abu Yusuf dan Muhammad. Dikatakan bahwa ganjaran mereka adalah diselamatkan dari neraka, pendapat ini berasal dari Abu Hanifah.

Selanjutnya: “JIN” Part 2

This entry was posted in Islam. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s