Tujuh Mayat Tak Teridentifikasi

Radar Banten

Kamis, 17-Februari-2011

CILEGON – Tim Disaster Victim Identif­ication (DVI), tim identifikasi korban bencana, secara resmi menghentikan proses peng­identifikasian korban terbakarnya KMP Laut Teduh II. Sayangnya, hingga kini tim masih belum berhasil mengenali tujuh korban tak dikenal.

Tim mengaku kesulitan lantaran kondisi mayat yang telah hancur. Selain itu, tidak ada satu pun pihak keluarga yang mengenali ciri-ciri fisik pada ketujuh jenazah tersebut. “Dari 29 jenazah tidak dikenal, tujuh di antaranya tidak teridentifikasi. 22 jenazah dapat teridentifikasi lantaran ada pihak keluarga yang mengetahui kalung, cincin, atau gelang yang dikenakan korban,” kata petugas DVI dari Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Budiono .
Ketujuh mayat itu kini masih tersimpan di ruang DVI RSKM. Belum diketahui apakah akan segera dikubur secara masal atau tetap disimpan hingga ada pihak keluarga yang mengakuinya. “Ini masih dalam pembahasan pihak Polair Polda Banten, PT Indonesia Ferry, Adpel (Administrator Pelabuhan) Banten serta beberapa pihak terkait lainnya. Jadi saya belum bisa beri keterangan,” ujarnya.
Sementara itu, Komisi Nasional Keselamatan Kapal (KNKT) hingga kini belum juga mengumumkan secara resmi penyebab terbakarnya kapal penumpang pada 28 Januari lalu. Bahkan komite ini batal mengeluarkan rekomendasi kepada PT Indonesia Ferry, Adpel Klas II Banten, dan PT Bangun Putra Remaja (BPR) selaku pemilik KMP Laut Teduh II terkait insiden ini. Sedianya, KNKT akan mengeluarkan rekomendasi tersebut, Jumat (11/2). “Rekomendasinya, diundur karena kami masih sibuk menyelidiki penyebab kebakaran KMP Salvia di Kepulauan Seribu yang terjadi Selasa (8/2),” kata anggota Tim KNKT Alek Nur Wahyudi saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, kemarin.
Sayangnya, Alek enggan menjelaskan lebih banyak mengenai hasil temuan tim. “Pokok­nya tunggu saja, nanti juga ada eksposenya,” ujarnya. (quy/del)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s